Sayangi Bumi dalam Ragam Permainan

Sabtu-Minggu, 3-4 Maret 2012 yang lalu, Wahana Visi Kantor Operasional Nias mengadakan sosialisasi 10 Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di Rumah Tangga, yang diikuti oleh 78 anak perwakilan dari 38 desa layanan. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini membahas ke-10 PHBS di Rumah Tangga yang terdiri dari: (1) Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan; (2) Memberi ASI Eksklusif; (3) Menimbang balita setiap bulan; (4) Menggunakan air bersih; (5) Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun; (6) Menggunakan jamban sehat; (7) Memberantas jentik di rumah sekali seminggu; (8) Makan buah dan sayur setiap hari;  (9) Melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan (10) Tidak merokok di dalam rumah.

Anak-anak terlihat sangat antusias menerima pengetahuan baru yang dibawakan secara sederhana, menarik, dan partisipatif oleh kakak-kakak dari Wahana Visi Kantor Operasional Nias. Meskipun awalnya banyak yang malu-malu karena bertemu teman baru dari desa lain, tetapi saat selepas siang, suasana diantara mereka sudah mulai cair, penuh canda, senyum, dan tawa –meskipun tetap serius mendengarkan materi. 

Aktivitas puncak dari kegiatan di hari pertama adalah ketika hari sudah memasuki sore, dimana anak-anak akan berpartisipasi dalam membersihkan pantai. Mereka dibagi kedalam 3 kelompok, yaitu kelompok sampah organik, sampah anorganik plastik, dan sampah anorganik kaleng/botol. Masing-masing kelompok bertugas mengumpulkan sampah di pesisir pantai sesuai dengan nama kelompoknya.

Selepas bersih-bersih pantai, anak-anak langsung diajarkan praktik 6 langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Setelah mencuci tangan hingga bersih, mereka juga membersihkan kuku tangan dan kaki agar tidak ada kuman yang tertinggal selepas membersihkan pantai.

Menjelang sore hari, seluruh rangkaian kegiatan akhirnya ditutup dengan komitmen dari setiap anak yang bersedia membagikan ilmu dan pengalaman yang didapat selama 2 hari ini kepada teman-teman di sekolah dan di desanya masing-masing. Sehingga, dari merekalah, kesadaran teman-teman, keluarga, dan masyarakat sekitar akan meningkat mengenai pentingnya 10 PHBS di Rumah Tangga.

Tulisan oleh :   Marcell F.A.M. Sinay*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s