“Saya Pasti Bisa” Bima Artawati Gulo_tulisan dari desa layanan

Hello semuanya…

Perkenalkan nama saya Bima Artawati Gulo, saya sekolah di SMK N 1 Mandrehe, Kabupaten Nias Barat kelas 2, umur saya 15 tahun. Saya ada cerita nieh, berbekal pelatihan yang diberikan abang/kakak dari Wahana Visi Indonesia Kantor Operasional Nias tentang Promosi Kesehatan. Di pelatihan tersebut kami diajarkan tentang :

1. Stop BABS (Buang air besar sembarangan)

1. CTPS (Cuci tangan pakai sabun)

2. Pengelolaan Sampah

3. Gizi

Pelatihan ini sangat berarti dan bermakna dimana semuanya tentang kesehatan diungkapkan saat itu. Saya yakin ini merupakan faktor menuju kehidupan yang sehat, bila ke-4 hal di atas tidak diikuti maka badan kita tidak pernah sehat.

 

Pada akhir pelatihan biasanya kami menuliskan  rencana kerja tindak lanjut (RKTL) yang bisa kami laksanakan di desa kami. Nah, saat itu saya menuliskan akan mensosialisasikan hal tersebut di KBA saya, di desa Lolozirugi. hal ini saya lakukan agar masyarakat di desa saya sehat/terjauh dari penyakit dan tidak terjadinya polusi serta pencemaran lingkungan. Awalnya saya berpikir ini akan sulit karena saya masih anak-anak. Ada perasaan was-was apakah saya akan didengarkan jikalau nanti saya beritahu.Akan tetapi aku berfikir materi ini sangat penting, saya mau anak-anak dan masyarakatku sehat, terjauh dari penyakit dan tidak terjadi polusi serta pencemaran lingkungan sehingga saya ambil tekad “saya pasti bisa”.

 

Pada tanggal 1 november saya sudah memulainya yaitu Promkes dengan tema CTPS di KBAku. Saya tidak hanya menyampaikan materinya saja, tetapi anak-anak KBA-nya langsung praktek CTPS dengan Tippy Tap hingga saya sediakan Tippy Tap-nya khusus KBAku. Waktu kegiatan berlangsung anak-anak sangat antusias dan mau mendengarkan apa yang saya katakan dan rasanya senang sekali bisa berbagi pengalaman kepada mereka. Saking antusiasnya mereka berebutan mencoba CTPS dengan alat Tippy Tap tersebut.

Proses yang saya alami saat itu membuat saya bertekat untuk tidak ragu lagi mensosialisasikan apapun, karena saya sudah memulainya, saya pasti bisa. Jadi, papun tantangannya saya akan hadapi. Demikianlah cerita saya teman-teman..  “anak Nias, anak Sehat, masa depan cerah…yes, yes, yes!!!


 

Tinggalkan Balasan

