Menuju Desa Baho yang Bebas dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan

 

            Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakaat (STBM) di dusun 1 dan 3, Desa Baho, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara merupakan kelanjutan dari pemicuan yang sebelumnya berhasil dilakukan di dusun 2 pada September 2011 yang lalu.  Keberhasilan 23 keluarga yang terpicu dan membangun WC sederhana di dusun 2 coba direplikasikan di dusun 1 dan 3 untuk mewujudkan tujuan akhir Desa Baho sebagai desa percontohan dalam menghentikan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS).

Jumat, 10 Agustus 2012, Wahana Visi bersama pihak puskesmas dan kepala desa melakukan monitoring kepada 19 keluarga yang telah terpicu. Tujuannya adalah untuk memastikan tindak lanjut dari pemicuan, yaitu pembuatan WC sederhana secara swadaya oleh masyarakat.

Ama Gamara, 62, adalah salah satu keluarga yang terpicu.  “Saya sempat mikir ga perlu bangun WC karena selama ini ada sungai kecil di samping rumah.  Waktu ikut pemicuan, saya jadi yakin untuk bikin WC. Sekarang, anak-anak ga perlu repot kalau mau BAB. Selain itu juga bisa menjaga kesehatan lingkungan sekitar,” tambah Ama Gamara.

Ada cerita unik mengenai WC Ama Gamara ini.  Menurut pengakuannya, setelah WC selesai dibangun tanggal 27 Juli 2012, hingga 10 Agustus 2012 saat dimonitor, ternyata Ama Gamara sendiri belum menggunakan WC tersebut. Ketika ditanya apa alasannya, Ama Gamara menjawab sederhana, “Saya belum mau pakai kalau WC ini belum dikunjungi langsung Bapak-Bapak (dari Puskesmas dan Wahana Visi),” jawab Ama Gamara yang langsung disambut dengan tawa.

Selain Ama Gamara, ada beberapa keluarga lain yang dikunjungi pada hari itu.  Ada yang sudah melaksanakan komitmennya, ada yang belum selesai, dan ada juga yang belum sama sekali mengerjakan. Dibutuhkan komitmen dan pendampingan kepada seluruh masyarakat dengan melibatkan seluruh pihak demi mewujudkan desa Baho sebagai desa yang bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

tulisan oleh :

Marcell F.A.M. Sinay*

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s