ucapan trimakasihku bt yang berperan terhadap selesainya skripsiku:)

Puji dan syukur dom panjatkan kehadirat Allah Tritunggal Yesus Kristus yang dalam kemurahan hati dan kasihnya maka dapat menyelesaikan skripsi ini, juga kepada Bunda Maria yang turut memberikan limpahan berkatnya bagi domi  sehingga segala tantangan yang dihadapi selalu berakhir dengan sukacita.

ohya skripsi domi ttg : SENGKETA TANAH DAN PROSEDUR PENYELESAIANNYA (Studi Kasus Tentang Kemajemukan Hukum di Desa Dahana Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli-Pemko Gunungsitoli dan Desa Onolimbu Raya Kecamatan  Mandrehe Barat-Kabupaten Nias Barat).

Skripsi ini domi persembahkan kepada orangtua terkasih, almarhum Ayahanda R. F. Hulu dan Ibunda E.  Zebua yang dengan penuh kasih dan cinta membimbing domi untuk tetap berkarya, untuk tetap menjadi kebanggaan mereka demi kebahagian dan keberhasilan anaknya, saya sangat mencintai kalian. Saya merindukannmu ayah. Untuk Bunda yang menjadi single parents terbaik bagi domi, domi ucapkan terimakasih banyak. Engkau adalah pahlawan penuh cinta bagiku, kegigihanmu dalam menuntun kami menjadi landasan kami anak-anakmu untuk tetap bertahan menjalani dan menikmati hidup ini dengan sukacita, aku mencintaimu.

Terkhusus untuk kakak ku tersayang Maria Sepniawati Hulu, S.Pd. Kakak adalah motivator terbaik untuk kami adik-adikmu, cintamu kepada kami sungguh berharga, engkau adalah guru serta teladan bagiku. Untuk Abang dan adik-adik domi yang terkasih Markus, Yana, Oktav, Natalia, Selvi, Vincen, karena kasih, kebersamaan dan cinta tulus dari kalian semua, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, terimakasih.

hem… selama  penulisan skripsi, sudah tentu donk domi banyak menerima bantuan baik dari segi moral dan materil, maka pada kesempatan ini domi ingin menyampaikan rasa terimakasih yang tak terhingga dan mengucapkan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada semua pihak yang menjadi inspirasi luar biasa bagi penulis untuk tetap berkarya:

  1. Bapak Prof. Dr. M. Arif Nasution, M.A. sebagai Dekan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara
  2. Bapak Drs. Zulkifli Lubis, M.A sebagai Ketua Departemen Antropologi  dan sebagai Ketua Penguji pada saat ujian komprehensif serta sebagai penasehat akademik penulis, yang selama ini banyak memberi ilmu, arahan, nasehat  dan motivasi kepada penulis untuk bekarya.
  3. Dra. Rytha Tambunan, selaku dosen pembimbing penulis yang telah meluangkan waktu, memberikan kontribusi teoritis dalam penulisan skripsi ini. Penulis mengucapkan banyak terimakasih atas seluruh kebijaksanaan, bimbingan, ketulusan dan kesediaan beliau dalam membantu penulisan skripsi ini.
  4. Dra. Mariana Makmur, MA yang telah menjadi penguji penulis dalam selesainya skripsi ini, terimakasih atas segala saran, arahan dan motivasi.
  5. Drs. Ermansyah, M. Hum yang telah menjadi penguji penulis pada saat seminar proposal, terimakasih atas segala saran, arahan dan motivasi.
  6. Ucapan terimakasih penulis kepada seluruh dosen Antropologi FISIP-USU (Drs. Irfan Simatupang, Prof.Dr Chalida, Drs. Zulkifli, Drs. Agustrisno MSi, Dra. Tjut Syahriani, M.Soc.sc, Dra. Sabariah Bangun, Drs. Lister Berutu, M.A, Drs. Yance, M.Si, Dra. Emiyanti, M.Si, Dra. Nita Savitri, DR. Fikarwin Zuska, Drs. Edi Saputra, Dra. Sri Alem Sembiring, M.Si, Drs. Nurman Achmad, M.Soc.sc, Alm Nurdiani dan Farid Aulia, M.Si) terimakasih atas jasa kalian dalam mendidik dan membekali penulis dalam karya dengan ilmu pengetahuan.
  7. Staf Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (Kak Sri, Kak Nur, Kak Sofie, dan semuanya).
  8. Bapak Christian Harefa (Kepala Desa Dahana Tabaloho), Bapak P.Joseph Ziraluo (Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli), dan Bapak Samuely Daely (Kepala Desa Onolimburaya) yang telah banyak membantu penulis dalam melaksanakan pengumpulan data guna selesainya skripsi ini.
  9. Semua yang menjadi informan penulis Ama Ica Harefa, Bapak Rano, Ama Isa, Ama Johan, Ibu Masta Yunita, Ibu Saina Ndraha, Bapak Deky, praktisi adat Nias dalam hal ini  Bapak Yas Harefa, Ibu Arniwati Zebua, kak Wuri Harefa, A/I Dewi, bang Erwin Harefa dan semua warga Desa Dahana Tabaloho dan Desa Onolimburaya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, yang telah membantu penulis dalam memperoleh banyak informasi untuk selesainya skripsi ini.

10.  Untuk keluarga Niat Daely dan Ama/Ina Dewi yang telah menerima penulis untuk tinggal, makan/minum. Terimakasih atas cinta kalian menggangap saya anak dan memberikan kesempatan kepada saya. Terkhusus buat adikku Niat yang telah menemani penulis untuk pengambilan data di Desa Onolimburaya, terimakasih atas perjalanan berliku yang kita lalui  untuk dapat bertemu dengan informan penulis.

11.  Untuk sahabat sekaligus saudaraku, Meyni F. Saragih, Minarwaty Sinaga, Santi M. Hutapea, Muvida, Grace Telaumbanua-UKI Jakarta, Marsalina-Purwokerto, Yohanes-Sintang, Christin-Padang, Belinda-Bogor, Ronald Gea, Ian Laoli, Willy Gho, Very Laia, Mas Anton-Solo, Mendio, Yunus, Mas Dana/kak Mery di Jakarta serta Frangky Suciadi, yang telah mendukung, mendengar/berbagi  cerita suka dan duka, tangis dan tawa sehingga penulis tetap semangat dan maju terus, terimakasih atas cinta kalian.

12.  Untuk Group Bhumiksara, Group Nias di Facebook, ForMaN-USU, Buletin Kerabat, INSAN, Koor Gloria  St Albertus Magnus, PMKRI cab. Medan, Poetry Online Comnunity, terimakasih atas semangat kalian kepada penulis, semoga kita semua menjadi penerus intelektual bangsa, selamat berjuang.

13.  Untuk teman-teman kos Hijo gang Sempurna dan Maria Camp-Pembangunan Medan,  Erni, kak Dewi, kak Farah, Eva, bang Wija, Tyka, Ami, Medwin, terkhusus buat adik Oshie-Polmed Medan yang telah menjadi adik sekaligus sahabat terbaik bagi penulis, terimakasih.

14.  Buat abang dan kakak terbaik, Kak Munthe-dosen Sosiologi USU, Kak Kekem, Kak Gita, Bang Sandrak, Kak Lelyta, Kak Erlin, Kak Tety, Kak Lenti, Kak Rukun, Bang Hubert-Hukum USU, Bang Juliman Harefa Hukum-USU, Bang Berwaddin-Kessos USU, Bang Onlyhu Ndraha-MIPA USU, Bang Amrin-Batam, Bang Yaman-Bandung, Mas Bambang-Solo dan semuanya yang telah berperan sebagai kakak dan abang yang penuh talenta dalam membantu penulis merangkai kata dan bertahan untuk menyelesaikan skripsi ini, terimakasih.

15.  Untuk donatur terbaik saya  Frater Dion-Yogja, Romo Anton, Romo Paulus-Flores, Romo Aloy-Sibolga, Uskup Anicetus Sinaga-Medan, Uskup Ludovicus-Sibolga, Bapak Haji Iskandar Leman-Jakarta, Mas Andre Goni-Medan, Peserta Training of Trainers Cordia-Maranatha Berastagi, terimakasih.

16.  Semua Tim Bhumiksara (Pak Djokdwihatmono, Bapak Eddie Cahyono, Bapak Slamet Sarwono, Ibu Bernadette N. Setiadi, Bapak Alfons Taryadi, Bapak Michael Utama Purnama, Bapak Ludovicus Ludin Lubis, Kak Dominic, Mas Eko) Tim Trainer Sanata Dharma–Yogyakarta, Tim Panti Semedi-Klaten, dan semuanya yang telah meringankan beban saya dalam menjalani perkuliahan baik dari segi materil dan pelatihan-pelatihan luar biasa yang melatih saya menjadi pribadi berharga.

17.  Alm. Bapak Frans Seda yang pernah menjadi pembicara saat penulis mengikuti pelatihan kepemimpinan Katolik-Nagahuta Siantar, semangat beliau mendorong penulis untuk tetap berkarya, terimakasih.

18.  Untuk Tim Japan Disaster Relief-Nias, Tim Help e.v Jermany-Nias, Tim Mr-Net-Medan, Tim stan Nias-Medan Fair, Tim Surveyor KPE terimakasih atas kesempatan kerja yang telah kalian berikan kepada penulis sehingga penulis dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat secara nyata. Terimakasih juga buat Tim Jurnal  Nawala Bhumiksara, Tim Jurnal Etnovisi, dan Tim Buletin Insan Muda Antropologi sebagai media informasi dan komunikasi yang memberikan nuansa ilmu terbaik yang sangat menunjang kreatifitas berpikir penulis.

19.  Terkhusus buat sahabat-sahabat se-Indonesia, Happy-Banjarmasin, komdik Bogor (Adit, Tuti, Rina, Hengky, Lusi, Monic, Yogi, Silver, Tjan), komdik Jakarta (Tanti, Angel, Bobby, Catrien, Noel, Ino, Lea, Leo,

Marcel, Nikson, Rosa), Komdik Makasar (Cornel, Markus, Simon, Anto, Henny, Bogdan), Komdik Malang (Aan, Rita, Komang, Anton, Sieni, Dini, Krista, Mario, Sylvana, Sylvia, Lina, Olin, Yohanes), Komdik Padang (Mai dan alm Sapri), Komdik Palangkaraya (Arin, Lusia, Handaru), Yosua-Palembang, Komdik Purwokerto (Yogie, Ardi, Tiwi, Ayu, Benny, Aswin), Komdik Ruteng (Ana, Ira, Sary) Komdik Samarinda (Dimas, Marda), Komdik Semarang (Intan, Aurel, Dika, Teguh, Tuti, Andri, Cyntia, Rina, Sugeng, Wulan, Siska, Iren, Etta, Natalia, Pandu, Ruben, Lene, Yudith, Bayu), Komdik Sibolga (Imel, Marna), Komdik Sintang (Apeng, Yusi, Das, Alfung), Komdik Surabaya (Wenny, Kartika, Panca, Adit, Dety), Leonardus-Komdik Weetebula, Jimmy Usfunan-Hukum Univ Udayana-Denpasar. Terimakasih atas kebersamaan kita dalam pendampingan Jakarta-Yogya-Klaten, kebersamaan dalam dunia maya, sms/telp dalam berbagi saran/semangat luar biasa, semoga kita menjadi penerus intelektual dalam dunia realita, terimakasih atas persaudaraan kalian, miss you all.

20.  Buat semua guru penulis (SD Mutiara, SMP Bunga Mawar, SMA Xaverius, Gunungsitoli-Nias), terimakasih telah membimbing penulis dalam ilmu pengetahuan, kegigihan kalian inspirasi bagi penulis.

21.  Buat semua teman-teman (SD Mutiara, SMP Bunga Mawar, SMA Xaverius, Gunungsitoli-Nias), yang pernah bersama dengan penulis melewati segala perjuangan hingga kejenuhan, tetap semangat dan tanpa pantang menyerah meraih harapan yang indah pada waktunya, dalam perjalanan kebersamaan kita, terimakasih. Aku merindukan kalian.

22.  Buat seseorang yang luar biasa dalam hidup penulis, menjadi patner terbaik bagi penulis, Timotius Yanuardi Permana Satriawan-Yogya, yang telah setia berbagi kisah, saran, kebersamaan dan dengan kesabaran mendukung penulis untuk tetap menyelesaikan skripsi ini, sukses untukmu.

23.  Sahabat-sahabat seperjuangan stambuk 2005, Andri, Tuti, Ando, Syahferry, Hery M, Hery S, Toni, Bambang, Alisha, Roseva, Sri, Salsa, Wendy, Juli, Marsono, Naomi, Fauzi, Mahruzi, Edison, Remaja, Seri

Wedari, Yenni, Eldevia,  Dwika, Fitri, Vera, Angga, Mia, Hendra, Erna, Vivi, Minartina, Ria, Tika, Sukma, Criston, Eva Manurung, Dangiel, Erold, Sulia Rimbi dan Darwin, kalian inspirasi terbaik penulis, salam sukses.

24.  Buat pembanding penulis saat seminar Mas Dani dan Erika Nadeak, terimakasih atas saran dan pertanyaan dari kalian sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

25.  Buat semua kerabat antropologi stambuk 2001, 2002, 2003, 2004, 2006, 2007, 2008, 2009, terimakasih buat kisah luar biasa yang turut kalian berikan kepada penulis dalam menempuh studi di Antropologi

26.  Semua pihak yang telah membantu yang tidak disebutkan satu persatu, penulis ucapkan terimakasih. Semoga kita semua menjadi winner dalam karya kita.

Akhir kata, atas bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, penulis mendoakan semoga Kasih dari Allah Tritunggal Yesus Kristus selalu memberikan limpahan kasih dan berkatnya kepada kita dan semoga skripsi ini memberikan manfaat bagi kita semua. God Bless us.

Medan 13 Desember 2009

Salam Kasih dan Sukses,

DOMINIRIA HULU

One thought on “ucapan trimakasihku bt yang berperan terhadap selesainya skripsiku:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s